19 Buruh Pabrik di Bekasi Terinfeksi Virus Corona Bentuk Klaster Hangat

19 Buruh Pabrik di Bekasi Terinfeksi Virus Corona Bentuk Klaster Hangat

Merdeka. com awut-awutan Dinas Kesehatan tubuh Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyimpan sebanyak 19 buruh industri di Cikarang dilaporkan terpapar virus corona. Pabrik tempat mereka bekerja juga sudah ditutup.

“Sudah dikarantina, semua buruh juga telah diambil swab, ” kata Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah ketika dihubungi pada Rabu (1/7).

Ia tidak menyebutkan identitas perusahaan tersebut. Namun, menurut dia, lokasinya berada pada Cikarang, Kabupaten Bekasi. Adapun pabrik itu sekarang sudah ditutup sementara selama 14 hari kedepan sebab harus dilakukan sterilisasi menggunakan disinfektan.

“Ini merupakan urusan baru, ” kata Alamsyah.

19 Buruh yang terinfeksi virus corona ini menjadi klaster baru di Kabupaten Bekasi. Sebab, kasus baru ini menambah total kasus yang cukup signifikan di dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data dari https://pikokabsi.bekasikab.go.id/ total kasus pada 29 Juni lalu terkonfirmasi sebanyak 254, kemudian sehari berikutnya naik menjadi 263, dan hari ini sebanyak 268. Rinciannya Sembuh 218, dirawat di RS 18 dan 12 isolasi mandiri, meninggal dunia 20.

Sebelum pabrik ini, ada perut pabrik yang sempat ditutup karena buruhnya terpapar virus corona. Lupa satunya adalah PT Denso Indonesia di kawasan MM2100, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Buruh di kongsi tersebut tertular dari pasien wafat dunia. [rhm]