34 Warga Positif Covid-19, Tiga RT di Kemayoran Jakpus Dilockdown

Merdeka. com – Sebanyak tiga RT di RW 03 Kelurahan Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, melakukan karantina wilayah terbatas secara mikro (micro lockdown) setelah 34 warga di wilayah itu positif terpapar COVID-19.

Kapolsek Kemayoran Komisaris Polisi Ewo Samono beriringan pihak terkait, yakni Danramil Kemayoran dan Wakil Camat Kemayoran melakukan penutupan tengah di Jalan Intan Berduri RT 8 RW 03, dengan memasang spanduk imbauan agar warga tidak menyeberangi wilayah tersebut.

“Kami sudah kategorikan sebagai zona merah dan untuk mencegah supaya virus corona tersebut tidak menular, saya dengan Pak Camat serta Pak Danramil sepakat untuk melakukan ‘lockdown’ wilayah itu, ” kata Kompol Ewo Samono di Sumur Keras kepala, Jakarta Pusat dilansir Jarang, Selasa (8/6).

Kompol Ewo mengatakan pihaknya melakukan “lockdown” terbatas dalam tiga RT, yakni RT 1, RT 2, serta RT 8. Sebanyak lima rumah di ketiga RT tersebut terpapar COVID-19.

Berdasarkan laporan, kejadian positif COVID-19 di ke-3 RT ini meningkat dalam tanggal 3-5 Juni 2021.

Oleh karenanya, ketiga RT dikategorikan ke dalam zona merah. Sebab masih dalam satu lingkup di Jalan Intan Berduri, Polsek, Danramil dan Kecamatan Kemayoran sepakat untuk melakukan “lockdown” terbatas.

Setelah dilakukan “lockdown”, aparat tiga pilar juga hendak melakukan penyemprotan disinfektan serta menutup sementara bagi masyarakat maupun tamu untuk berjalan wilayah tersebut.

“Area ini nantinya tidak ada yang keluar dan masuk lagi. Kalau kendati ada tamu, nanti itu terbatas hanya sampai di tempat ini, ” sebutan Ewo.

“Lockdown” terbatas di RW 03 Sumur Batu akan dilakukan secara situasional. Artinya, kalau warga di wilayah itu sudah dinyatakan negatif pada tes usap (swab) PCR, Jalan Intan Berduri Sumur Batu akan dibuka balik. [ray]