386 Napi di Riau Positif Covid-19

386 Napi di Riau Positif Covid-19

Merdeka. com berantakan Kanwil Kemenkumham Provinsi Riau mencatat masih ada sebanyak 386 narapidana di Lembaga Permasyarakatan seluruh Riau yang terjangkit Covid-19 dari total 12. 645 orang. Jumlah terbanyak berada dalam Rutan Klas IIB Dumai.

Kakanwil Kemenkumham Riau, Bani Chuldun mengatakan di Rutan Klas IIB Dumai terdapat 200 orang napi yang masih dirawat kausa positif Covid-19.

“Untuk Lapas Klas IIA Pekanbaru zaman ini hanya sebanyak 103 orang yang positif, ” katanya, Senin (23/11).

Lalu napi yang terpapar Covid-19 juga ada di Lapas Klas IIB Taluk Kuantan. Jumlahnya mencapai 71 karakter.

“Untuk isolasi kita telah menyiapkan blok khusus. Apalagi saat ini juga telah disiapkan ruang isolasi di Lapas Sialang Bungkuk, ” jelasnya.

Bukan hanya masalah Covid-19, pihaknya saat ini juga tengah mendalam ikut andil dalam pengendalian narkoba dari dalam Lapas. Sebab, kira-kira waktu lalu penjaga menangkap bandar narkoba jaringan Lapas.

“Kami sudah memberikan atensi dan menyampaikan penjelasan langsung kepada seluruh Kalapas. Ini juga buntut dari perkara penangkapan sabu dari Dumai, pengendalinya ada di Lapas Klas II Pekanbaru, ” terangnya.

Ibnu juga membuat blok khusus untuk pelaku narkoba. Bahkan ruangan itu dilengkapi dengan Cctv. Sehingga seluruh kegiatan terpantau.

“Kita juga tak perkenankan sedang petugas dapur atau anggota dengan memberi makan. Namun ada tim khusus, ” tuturnya.

Tak hanya itu, beberapa minggu lalu terjadi selisih paham jarang polisi dan sipir Lapas Pekanbaru. Anggota Polda Riau tidak diperbolehkan masuk saat mau memeriksa napi yang terendus sebagai pengendali narkoba.

“Berkaca dari kesalahpahaman beberapa waktu lalu, kita telah sampaikan kepada Kalapas agar jika ada tamu dari tim Polda Riau atau BNNP Riau dengan datang, agar diatensi paling laun 10 menit, ” pungkasnya. [fik]