40 Tenaga Kesehatan di Tangsel Positif Covid-19

Merdeka. com semrawut 40 Tenaga kesehatan (Nakes), yang bertugas pada sejumlah sarana kesehatan (faskes) di Tangerang Selatan, tercatat terkonfirmasi positif Covid-19 selama Juni 2021 ini.

“Dua minggu pasca lebaran, hingga saat ini, ada 40 nakes yang terpapar secara kriteria OTG. Mereka bekerja dari 30 puskesmas dan RSUD wilayah Kota Tangerang Selatan, ” ucap pemangku kota Tangsel, Benyamin Davnie dikonfirmasi, Minggu (27/6).

Dia menerangkan, dari jumlah tersebut, beberapa Nakes di antaranya telah dinyatakan negatif Covid-19 dan lainnya masih menjalani isolasi dengan di Rumah Lawan Covid (RLC) Serpong dan mandiri.

“Mereka medium isolasi, dan tentu kita harap, para garda terdepan kita bisa lekas pulih, ” ucap dia.

Diakuinya, dengan status terkini di Tangsel, karakter dan tugas Nakes tentu sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien Covid-19. Oleh sebab itu, dia juga meminta masyarakat Tangsel, tetap patuh dan disiplin terhadap implementasi protokol kesehatan dan kerumunan saat beraktifitas

Benyamin juga menjelaskan, Dinkes Tangsel, telah menerapkan pembagian tugas para Nakes supaya kondisi kesehatan dan mental Nakes di Tangsel lestari sehat.

“Kalau kita buat penugasan itu (nakes) menjadi full time, tentu psikis dan kesehatan tubuh mereka akan terdampak. Makanya, kita lakukan pembagian waktu dan tempat, supaya itu bisa beristirahat. Karena kesehatan mereka juga menjadi fokus kami, ” ucap dia.

Selain itu, Pemkot Tangsel, juga telah meminta bantuan para staf pemerintahan, membantu Nakes di dalam sisi pengadministrasian untuk meringankan tugas Nakes. [eko]