5 SSK Brimob dari Luar Provinsi Dikerahkan Bantu Jaga Pilkada pada Sulsel

Merdeka. com – Menyambut pilkada serentak di Sulsel, 5 Satuan Setingkat Kompi (SSK) tentara Brimob dari luar provinsi muncul di Makassar . Personel Brimob itu akan disebar ke empat daerah yang dinilai rawan pelaksanaan pilkada.

Karo Ops Polda Sulsel, Kombes Polisi Adeni Muhan mengatakan ratusan personel Brimob tersebut masing-masing 1 SSK berasal dari Provinsi NTB, 1 SSK dari Gorontalo, 2 SSK dari Maluku dan 1 SSK dari Ternate.

Itu akan ditugaskan di Makassar sebesar 3 SSK, di Kabupaten Barru 1 SSK dan 1 SSK dibagi ke Kabupaten Luwu Memajukan dan Kabupaten Luwu Timur.

“Brimob Nusantara ini ditempatkan di daerah yang pelaksanaan pilkadanya butuh atensi lebih seperti Praja Makassar juga Kabupaten Barru dengan sebelumnya sudah terjadi keributan antar paslon hingga KPU di wilayah tersebut didemo. Lalu di Luwu Utara dan Luwu Timur yang sebelumnya terjadi bencana alam, sedang banyak pengungsi. Warganya di kian, mungkin jangankan mencoblos, makan sekadar susah. Kalau lapar itu bisa memicu gangguan Kantibmas, ” sahih Adeni saat dikonfirmasi, Senin (7/12).

Dia mengatakan personel yang di-BKO ini akan berjaga di Sulsel selama 14 hari. Jika kondisi tidak kondusif, periode tugas ratusan personel Brimob bisa diperpanjang.

“Pasukan BKO ini terhitung mulak bertugas daripada 6 Desember hingga 20 Desember mendatang. Jika aman-aman saja, mereka akan kembali secara bertahap. Namun jika tidak aman, masa tugasnya bisa diperpanjang, ” pungkas Adeni Mohan.

Sebelum dilepas ke daerah tugasnya masing-masing, mereka jalani rapid test terlebih dahulu di bandara. Lalu dikumpulkan pada Mapolda Sulsel mendengarkan arahan Kapolda Sulsel, Irjen Polisi Merdisyam melanda tugas dan tanggung jawabnya dalam mengamankan pilkada. [ray]