750 Personel Pengamanan Pilkada Solo Jalani Rapid Test

750 Personel Pengamanan Pilkada Solo Jalani Rapid Test

Langgas. com – Polresta Surakarta akan menerjunkan 750 personel untuk mengamankan gelaran Pilkada serentak 9 Desember 2020. Total tersebut setara dengan dua pertiga kekuatan Polresta Surakarta. Mereka bakal menjalani tes cepat Covid-19 atau rapid test sebelum disebar pada 1. 231 tempat pemungutan suara (TPS).

“Sebanyak 750 personel yang ditugaskan mengamankan TPS akan kita rapid test. Itu bagian dari komitmen Polresta Surakarta menerapkan protokol kesehatan di TPS. Mereka juga harus memakai kedok, mencuci tangan, dan menjaga jarak, ” ujar Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Selasa (1/12).

Menurut Ade, dari 750 personel yang dikerjakan rapid test, 350 personel antara lain belum keluar hasilnya. Sedangkan 400 personel hasilnya negatif.

Terkait pengamanan pencoblosan, Ade mengantarkan pihaknya masih dibantu oleh TNI . Menurutnya, daripada 1. 231 TPS, ada 8 yang masuk dalam kategori menyayukan. Pihaknya akan menggandakan pengamanan di 8 TPS rawan tersebut.

“Ada 8 TPS yang masuk kategori rawan. Ini berpijak pada penyebaran Covid-19, Kamtibmas, & rawan kategori bencana di sekitar TPS, ” jelasnya.

“TPS rawan ini akan ada pengamanan khusus. Jumlah petugas mau kita lipatkan dua kali atau menjadi dua orang personel, ” imbuh Ade,

Ade meyakini pelaksanaan Pilkada Solo akan berjalan lancar, aman dan segar. Mantan Kapolres Karanganyar ini mengatakan, pengamanan dilakukan di luar TPS.

Diberitakan sebelumnya, Pilkada Solo dikuti dua pasangan bahan. Yakni Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dari jalur perseorangan. [cob]