Bantu Suami Edarkan Sabu dan Tembakau Sintetis, Perempuan di Garut Ditangkap Polisi

Bantu Suami Edarkan Sabu dan Tembakau Sintetis, Perempuan di Garut Ditangkap Polisi

Merdeka.com – NUR (48), seorang perempuan di Kabupaten Garut kini harus mendekam di balik jeruji besi Polres Garut. Maksud hati hati membantu suami barunya mencari rezeki, namun karena yang dilakukannya menjual narkoba, ia pun dicokok polisi.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Garut, AKP Maolana menyebut bahwa NUR ditangkap pihaknya saat mengedarkan narkotika di Jalan Guntur, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut pada Selasa (25/8).

“Saat itu, pelaku NUR ditangkap anggota di lapangan saat mengedarkan narkotika jenis sabu dan tembakau sintetis,” ujarnya, Selasa (1/9).

Maolana menjelaskan bahwa saat ibu yang memiliki dua anak itu ditangkap, pihaknya menemukan 10 paket sabu dan beberapa paket tembakau sintetis. “Kita menangkap NUR berdasarkan laporan masyarakat yang mencurigai aktivitasnya. Saat kita tangkap, memeng beberapa paket narkotika kita temukan. Kita langsung bawa ke Mapolres Garut untuk diperiksa lebih lanjut,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, NUR diketahui merupakan istri muda pengedar narkotika di Kabupaten Garut. Kepada petugas, NUR mengaku bahwa apa yang dilakukannya adalah untuk membantu usaha suaminya dalam mencari nafkah dengan menjual barang haram.

Suami NUR, disebut Maolana, kini dimasukan sebagai DPO (daftar pencarian orang) dalam kasus yang sedang dihadapi oleh NUR. Suaminya diduga melarikan diri saat mengetahui istrinya ditangkap pihaknya.

“Sebetulnya NUR ini juga merupakan residivis dalam kasus yang sama. Sekarang jadi istri muda pengedar sabu di Garut dan jualan lagi. Kepada NUR kita terapkan pasal 114 ayat 1 dan atau Pasal 112 ayat 1 Undang-undang RI Nomor 3 tahun 2009 Tentang Narkoba. Ancaman hukumannya maksimal mencapai 20 tahun,” tutupnya. [gil]