Buaya Sepanjang 3 Meter Masuk Tambak Pabrik Bihun di Banyuasin

Buaya Sepanjang 3 Meter Masuk Tambak Pabrik Bihun di Banyuasin

Merdeka. com – Warga Kelurahan Sukomoro, Banyuasin, Sumatera Selatan, menangkap seekor buaya sepanjang tiga meter. Bajul itu diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel.

Keberadaan buaya itu ketika seorang warga sedang menghasut di kolam pabrik bihun, Senin (7/9). Pemancing kaget melihat bajul muncul ke permukaan sehingga melaksanakan histeris meminta tolong warga.

Dengan kompak, warga serta Bhabinkamtibmas melakukan upaya menangkapnya. Kira-kira kali dicoba gagal baru berhasil ketika menggunakan jaring ikan.

Anggota Bhabinkamtibnas Polsek Talang Kelapa Banyuasin Bripka Jumidianton mengungkapkan, buaya itu diduga berasal dari tempat penangkaran tak jauh lantaran lokasi. Hanya saja, selama itu warga tak pernah heboh dengan kemunculan buaya.

“Kemungkinan dari kolam penangkaran buaya tetap masuk ke kolam pabrik, panjangnya tiga meter, ” ungkap Jumidianton.

Hal senada disampaikan Ketua RT setempat Nur Cahaya. Menurut dia warga tak pernah melihat atau terganggu dengan keberadaan bajul di sekitar bekas penangkaran yang sudah lama tak beroperasi.

“Mungkn pagar pembatas kanal dan kolam sudah jebol, berantakan masih ada buaya sisa penangkaran masuk ke kolam pabrik. Seingat saya baru sekali ini ada penemuan buaya, ” ujarnya.

Dia bersyukur buaya itu cepat tertangkap dan tidak membahayakan warganya. Dirinya mengimbau tetap waspada beraktivitas di sekitar lokasi karena dimungkinkan masih ada buaya yang berasal dari bekas penangkaran.

“Buaya yang baru ditemukan kami serahkan ke BKSDA, ana juga minta diperiksa lagi apakah masih ada karena bisa membahayakan warga kami, ” pungkasnya. [ded]