Catat, Pendatang di Kabupaten Tangerang Wajib Isolasi 5 Hari

Mandiri. com – Pendatang ke provinsi Kabupaten Tangerang, wajib menjalani masa isolasi selama 5 hari. Hal itu ditegaskan Kapolres Kota Tangerang Kombes Sabilul Alif dalam rapat bersama Forum Komunikasi Arahan Daerah (Forkompimda) Senin (26/4).

Sabilul menekankan, kewajiban isolasi bagi pendatang ini, efektif diberlakukan dalam wilayah Kabupaten Tangerang, mulai 6 hingga 17 Mei 2021. Dengan masa karantina atau isolasi mandiri semasa 5 hari.

Sementara itu, Kapolres Praja Tangerang, Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengatakan, petunjuk wajib karantina dilakukan pada tingkat lingkungan, baik itu skala Kecamatan dan Kelurahan yang melibatkan pihak Kecamatan, Kepala Desa atau Lurah, Babinsa dan RT/RW.

“Aturan itu (karantina) masuk dalam PPKM Mikro. Atas dasar itu, para pendatang baik itu WNA atau WNI wajib melaksanakan isolasi selama 5×24 tanda dan berlaku bagi semesta wilayah di Kabupaten Tangerang, salah satunya wilayah asas Polres Kota Tangerang, ” kata Wahyu.

Untuk itu, dia selalu meminta setiap satuan perintah tingkat lingkungan untuk rajin terlibat melaporkan adanya tamu di wilayahnya, terutama para pendatang. Hal ini buat mengantisipasi terjadi penyebaran Covid-19 yang dikhawatirkan dibawa sebab setiap pendatang dari luar wilayah Tangerang.

“Wajib melakukan laporan terutama untuk kondisi para perantau, dan ini kita mengambil untuk kerjasamanya kepada semua pihak, agar tidak berlaku lonjakan kasus Covid-19, ” kata Wahyu.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi mengatakan, kaitan adanya aturan karantina tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan satuan tugas di level Kecamatan untuk menyediakan wahana ruang karantina atau isolasi bagi para pendatang.

“Kalau soal kesiapan, ya kita siap elok itu di Hotel Isolasi Yasmin, ataupun di letak isolasi yang ada pada setiap Kecamatan, karena dasar setiap Kecamatan di Kabupaten Tangerang diminta untuk memiliki satu tempat isolasi Covid-19, bagi para pendatang. Dan untuk aturan yang wajib karantina, itu memang mau dilakukan saat peniadaan mudik, tidak ada toleransi meskipun mereka pegang surat Rapid Antigen, tetap harus isolasi, ” kata dia. [gil]