CEK FAKTA: Waspada Akun Facebook Catut Nama Bupati Melawi dan Tawarkan Posisi ASN

Merdeka.com – Beredar akun Facebook mengatasnamakan Bupati Melawi Provinsi Kalimantan Barat, Dadi Sunarya Usfa Yursa. Akun dengan nama “Dadi Sunarya Usfa Yursa” menggunakan foto bupati Melawi sebagai foto profilnya.

Akun itu juga mengunggah informasi adanya pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN tanpa harus mengikuti tes di Lingkungan Kabupaten Melawi. Disebut pula, pendaftarannya akan ditutup pada 25 Agustus 2021.

Kominfo

Penelusuran

Hasil penelusuran melansir dari laporan hoaks Kominfo, akun tersebut dipastikan palsu, bukan akun yang tidak pihak Bupati Melawi. Sehingga informasi yang diunggah akun tersebut adalah hoaks.

Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, A.Md menyampaikan klarifikasinya di kalbaronline.com pada 13 Agustus 2021. Dia menegaskan bahwa akun tersebut palsu dan ada pihak yang mencoba melakukan penipuan mengatasnamakan dirinya.

“Jadi, jika ada akun Facebook mengatasnamakan saya, dipastikan itu palsu. Hingga kini saya tidak memiliki akun Facebook,” tegasnya.

Beliau menambahkan, bagi masyarakat yang telah menjadi korban penipuan oleh akun tersebut harap segera melaporkannya kepada pihak kepolisian.

“Imbauan bagi para netizen pengguna media sosial khusus Facebook, mohon untuk tidak menerima dan meminta pertemanan dari akun Facebook palsu ini. Yang pasti akun itu palsu, jelas bukan akun saya,” kata Dadi.

Kesimpulan

Nama Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa dicatut oleh sebuah aku Facebook yang menginfokan ada pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS tanpa harus mengikuti tes adalah akun palsu.

Jangan percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kalbaronline.com/2021/08/13/hati-hati-akun-facebook-palsu-bupati-melawi-sebar-hoax-dan-tipu-warga/ [lia]