JK Minta Masjid Gaungkan Protokol Kesehatan tubuh Cegah Covid-19 Setiap Salat 5 Waktu

Merdeka. com – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) meminta pemimpin Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) segenap Indonesia untuk menyampaikan seruan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di setiap kali pelaksanaan sholat lima periode menggunakan pengeras suara masjid.

Ketua DMI yang juga pernah menduduki kursi Wakil Pemimpin RI era pertama kepemimpinan Presiden Joko Widodo itu mengungkapkan kalau fungsi masjid adalah untuk memajukan dan dimakmurkan. Oleh karena tersebut masjid harus menjadi pusat tempat orang menyelesaikan masalah dan menjelma pusat syiar untuk mendidik masyarakat agar hidup disiplin dan hidup sehat.

Menurut JK, ada tiga cara untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. “Jaga jarak, pakai masker dan cuci lengah, dan itu menjadi bagian pokok kayu kehidupan kita ke depan, ” ujar JK melalui keterangan tulis pada Kamis (16/7/2020).

JK menambahkan, masjid mempunyai kekuatan yang besar untuk menyampaikan seruan protokol kesehatan kepada masyarakat, sebab masjid memiliki ribuan speaker dengan setiap sholat lima waktu sanggup dibunyikan.

Dia berharap agar masyarakat jangan hanya mengecam pemerintah, akan tetapi bersama sebanding membantu pemerintah melawan penyebaran virus Covid-19.

“Bukan waktunya kita untuk mengkritik pemerintah, waktunya kita bekerja bersama pemerintah buat menyelesaikan persoalan Covid-19 agar kaum kita dapat bangkit, ” harapnya.

Tak lupa, JK juga meminta rumah ibadah keyakinan lainnya untuk melakukan seruan pada para jemaahnya agar menerapkan adat kesehatan saat melaksanakan ibadah. [ded]