Mari Meriahkan Perayaan HUT RI ke 76 Bersama Rumah Digital Indonesia

Merdeka.com – Perayaan HUT RI ke 76 Tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Meski begitu bagi seluruh Bangsa Indonesia tetap bisa memeriahkan dan melihat langsung acara HUT RI yang bakal digelar secara online dan gratis. Acara tersebut akan digellar oleh Rumah Digital Indonesia (RDI).

RDI merupakan event atau festival perayaan kemerdekaan virtual pertama dan terbesar di Indonesia yang hadir dengan 2 acara utama yaitu Acara Pembuka dan Acara Puncak Perayaan Kemerdekaan. Menghadirkan konsep festival kemerdekaan virtual yang unik dan baru, karena pertama kalinya dihadirkan dalam sebuah arena virtual 360 yang bisa dijelajahi.

RDI berlangsung selama 31 hari, dari 1-31 Agustus 2021. Acara Pembuka digelar pada tanggal 1 Agustus 2021 mulai pukul 15.00 WIB lalu. Sedangkan acara Puncak Perayaan Kemerdekaan diadakan pada tanggal 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 WIB.

RDI akan diselenggarakan secara virtual/daring di website rumahdigitalindonesia.id yang mulai dapat dikunjungi secara gratis mulai tanggal 1-31 Agustus 2021. Festival RDI akan hadir dalam sebuah arena virtual di rumahdigitalindonesia.id, di mana terdapat 7 program utama yang dapat diikuti pengunjung.

Apa saja sih 7 Program utama tersebut?

Pertama Panggung Nasional. Panggung Nasional adalah panggung utama di RDI di mana akan berlangsung perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 dengan menampilkan rangkaian acara yakni pada Tanggal 16 Agustus 2021 akan ada Bincang Bangsa. Ini merupakan sebuah diskusi bersama Dr Dedy Permadi, Faye Simanjuntak, Mandy CJ dan Iyas Lawrence mengenai Perspektif Nasionalisme Gen Z, infinito singers dan panggung puisi bersama Najwa Shihab yang berkolaborasi dengan Papermoon Puppet Thetare.

Kedua Akan ada Arena Lomba 17-an. Di sini, masyarakat bisa mengikuti perlombaan khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual.

Ketiga, Ruang Seni dan Budaya: Dalam ruangan ini, masyarakat bisa menikmati berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya Indonesia dari masyarakat umum, antara lain berupa: Tarian nuansa Nasional & kedaerahan, pembacaan puisi & syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik nuansa daerah & Nasional.

Keempat Ruang Komunitas. Dalam Ruang Komunitas, masyarakat bisa menikmati beragam konten perayaan unik kemerdekaan yang melibatkan masyarakat di segmen ‘Cerita Kemerdekaan’. Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses fitur filter foto perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan filter Rumah Digital Indonesia.

Kelima Pasar Lokal. Ada bazaar virtual produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan marketplace karya anak bangsa.

Keenam Ruang Literasi Digital. Ruang Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menghadirkan berbagai konten yang mengajak masyarakat memanfaatkan internet untuk kegiatan positif dan produktif, sehingga bisa menciptakan ruang digital yang menyenangkan, penuh ilham, namun tetap aman dan beretika, di tengah hadirnya konten-konten negatif seperti penipuan digital, penyebaran hoaks, perjudian online, perundungan, kecanduan, dan berbagai tantangan lainnya.

Ketujuh Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia. Ini adalah sebuah peta interaktif dengan berbagai informasi per-provinsi, yaitu destinasi wisata, kuliner khas daerah dan Wajah Indonesia sebagai sosok pahlawan lokal yang telah berbuat sesuatu yang luar biasa dan berdampak bagi daerahnya.

Mari kita rayakan kemerdekaan Republik Indonesia dengan semangat Pancasila untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Yuk, eksplor berbagai aktivitas menarik, mulai dari menyaksikan upacara, melihat pertunjukan seni hingga bermain permainan lomba khas 17-an di RDI. [hhw]