Pelabuhan Dumai Siap Jadi Kemungkinan Kepulangan Pekerja Migran Nusantara

Merdeka. com – Gubernur Riau Syamsuar menyatakan Pelabuhan Dumai Siap menjadi pintu masuk para-para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin kembali ke Tanah Air. Namun, pihaknya masih menunggu kebijakan Kementerian Hukum dan HAM melalaikan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk membuka akses pelabuhan itu.

“Berkenaan dengan kesiapan menerima PMI kembali ke Tanah Air, khususnya melalui Dumai, tadi awak sudah sampaikan juga, ana siap melakukan itu. Susunan menunggu kebijakan dari Menkumham melalui Ditjen Imigrasi buat pembukaan melalui Dumai, ” kata Syamsuar di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jumat (23/4).

Samsuar menjelaskan, pihaknya juga telah membentuk satuan suruhan (satgas) untuk mengurus kepulangan para pekerja. Satgas tersebut diketuai Komandan Korem (Danrem) 031/Wirabima Brigjen Syech Ismed.

Jika telah tiba, para pekerja Nusantara yang pulang dari bermacam-macam negara itu nantinya akan dikarantina terlebih dahulu. Situasi itu sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Sekarang kami sudah menyiapkan Satgas untuk pemulangan PMI agar pelaksanaannya berjalan dengan baik. Satgas ini ketuanya Pak Danrem, ” kata pendahuluan Syamsuar. [yan]