PT KAI Refund 100 Persen Bagi Calon Penumpang Tak Penuhi Syarat Perjalanan

Merdeka.com – Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan calon penumpang bisa melakukan refund 100 persen jika syarat perjalanan tidak terpenuhi. Proses pembatalan tiket dapat dilakukan di loket stasiun paling lambat H+7.

“Bagi pelanggan yang sudah melakukan transaksi tiket namun tidak dapat memenuhi persyaratan terkait protokol kesehatan maka tidak diperkenankan melakukan perjalanan dan tiket akan dikembalikan 100 persen,” ucap Eva dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/8).

Syarat perjalanan yang harus dipenuhi calon penumpang yaitu; menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Syarat lainnya, calon penumpang wwjib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau rapid rest antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Eva juga mengingatkan, selama kebijakan PPKM Level 4, anak-anak berusia di bawah 12 tahun masih tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan kereta.

“Terhitung sejak 29 Juli 2021 lalu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan peraturan bagi pelanggan KA usia di bawah 12 tahun untuk sementara tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA,” imbuhnya. [eko]