Rayakan HUT di Tengah Pandemi, BNI Satukan Energi Optimistis untuk Nusantara

Rayakan HUT di Tengah Pandemi, BNI Satukan Energi Optimistis untuk Nusantara

Merdeka. com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ataupun BNI memperingati ulang tahun ke-74, yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2020. Hal ini menjelma momen istimewa karena hari senang itu dirayakan ketika Indonesia sedang dilingkupi wabah Covid-19. Rasa syukur segenap karyawan dan jajaran direksi BNI diwujudkan dengan menyatukan Karakter dan Energi Optimistis untuk Indonesia yang sedang membutuhkan banyak pertolongan dari semua pihak. Oleh karena itu, perayaan ulang tahun itu akan dijadikan sebagai langkah signifikan untuk menyediakan energi baru dalam era normal baru.

Direktur Utama BNI Herry Sidharta mengatakan, semangat peringatan HUT ke-74 BNI dipadukan melalui tema ‘Satukan Energi untuk Indonesia di Kurun New Normal’. Tema tersebut menyiratkan makna bahwa segenap BNI Hi-Movers perlu bekerja lebih optimal & efisien, sehingga dapat memberikan energi kebaikan dalam rangka menopang penerimaan kinerja bisnis BNI. Lebih umum lagi, dalam skala nasional, energi positif BNI Hi-Movers tersebut diharapkan dapat menyatu dengan energi kebaikan dari segenap elemen bangsa yang lain untuk Indonesia yang lebih indah di era normal baru.

“Perubahan perilaku untuk melayani aktivitas normal sangat diperlukan biar tetap produktif, sehat dan aman, dengan menerapkan protokol kesehatan, berjalan mencegah penularan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) serta menjaga agar roda bisnis perusahaan tetap berlaku, ” pesan Herry.

Kesiapan itu pun telah ditegaskan Menteri Badan Usaha Milik Negara (UMKM) Erick Thohir dengan karakter #CovidSafeBUMN, yang menjadi acuan untuk setiap insan BUMN agar tetap produktif tetapi tetap aman sejak wabah Covid-19. Sebagai agent of development, BUMN juga diharapkan menjadi influencer dan role model, apalagi BUMN merupakan lokomotif untuk sepertiga perekonomian Indonesia.

Herry menuturkan, proses bisnis tengah bertandang langsung dengan situasi dan perihal pandemi Covid-19. Perkembangan pandemi Covid-19 juga berdampak langsung terhadap kinerja dan kapasitas debitur, termasuk debitur usaha mikro, kecil dan membuang (UMKM), sehingga berpotensi mengganggu kemampuan perbankan dan stabilitas sistem keuangan, yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, sikap sense of crisis hendaknya mulai tertanam dalam benak pelaku bisnis, tercatat BNI, seiring dengan dimulainya pekerjaan bekerja yang optimal di era normal baru ini.

“Ini saatnya untuk mengubah ideal dan cara bekerja yang bertambah dari biasanya (extraordinary), dengan bertambah giat, lebih keras, dan lebih cerdas lagi dari hari-hari sebelumnya, guna melakukan akselerasi pencapaian target bisnis serta mempertahankannya agar kemampuan BNI meningkat kembali, ” sah Herry.

Dalam perayaan HUT kali ini, BNI mewujudkan serangkaian acara, antara lain kehidupan yang berisi program-program kemaslahatan pribadi. BNI berupaya agar orang pada sekitarnya tetap sehat, terlindung daripada sebaran Covid-19, dan hidup patut.

Kemudian BNI merancang rangkaian program yang bersifat positif orang agar naik kelas secara ekonomi dan keterampilannya meningkat. Di bagian inilah berbagai program istimewa bagi pelaku UMKM disiapkan BNI, yang dimulai dari serial webinar. Pada fase ini pula BNI berusaha mengangkat kekayaan Nusantara yang hampir punah, yang diwakili tujuh kain langka Negeri, dalam Wastra 7 Pulau Nusantara Exhibition–4 Desainer, serta kekayaan kuliner Tanah Air dengan mengumpulkan 7 wedang dan 40 makanan Nusantara terbaik. Ini seluruh menjadi bentuk dukungan penuh BNI terhadap seruan pemerintah dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

BNI juga berupaya mempertemukan seluruh iktikad dan usaha dengan sudah tersebar di masyarakat ke dalam satu semangat yang serupa, yaitu melalui Konser Virtual Satukan Energi untuk Indonesia bersama Erwin Gutawa Orchestra dan 7 bintang (Tulus, Yura Yunita, Ardhito Pramono, Lea Simanjuntak, Lyodra, Kikan, Sruti Respati) pada 11 Juli 2020. Konser tersebut akan diamplifikasi meniti media sosial.

Upaya penyatuan semangat dan energi tersebut diperkaya dengan beragam promo spesial yang hanya ada saat perayaan HUT ke-74 BNI, juga perusahaan-perusahaan anak.

Adapun kehidupan BNI Berbagi menjadi rangkaian rencana kepedulian BNI terhadap kondisi lingkungan sekitarnya, sehingga tidak hanya mengejar kinerja keuangan perusahaan, tapi serupa membantu orang-orang yang membutuhkan, terutama ketika wabah Covid-19 merebak.

Untuk pelaku UMKM yang bisnisnya terhambat, BNI menjalankan rencana pemerintah dengan memberikan relaksasi & stimulus dalam bentuk subsidi bunga, perpanjangan jangka waktu, hingga penundaan angsuran kepada debitur yang usahanya terkena dampak Covid-19. Untuk melindungi para tenaga medis yang berkecukupan di garda terdepan penanganan Covid-19 serta kelompok masyarakat lain dengan berisiko tinggi terjangkit, BNI menjelma yang terdepan menjalankan program berbagi swab test secara massal serta gratis. Tidak kurang dari 30 ribu alat uji usap PCR disiapkan BNI untuk disebarkan ke banyak kota di daerah penyaluran Covid-19 yang tinggi di Indonesia.

Kepedulian BNI di mendukung pencegahan Covid-19 sudah dikerjakan sejak awal Maret 2020. Saat itu, BNI bersama beberapa BUMN lain mengirimkan sekitar 160 ribu masker hingga ke Hong Kong dan beberapa kota di asing negeri yang memiliki kantor cabang. Segenap dtujukan bagi pekerja migran Indonesia di negara-negara yang lebih dulu terpapar Covid-19.

BNI juga termasuk yang paling kausa memanfaatkan teknologi drone untuk meniupkan disinfektan di 50 titik di Jabodetabek. BNI pun menggerakkan kira-kira 30 mitra binaan di bermacam-macam daerah untuk memproduksi alat pelindung bagi tenaga medis, baik baju hazmat maupun masker. Belum lama ini, BNI mendistribusikan 50 seperseribu alat pelindung diri kepada tim medis di 182 rumah lara rujukan di seluruh Indonesia, yang dilengkapi penyanitasi tangan, donasi bagi petugas medis, serta donasi sokongan anak sekolah.

Istimewa untuk menyelamatkan kekayaan budaya yang makin langka, BNI memanfaatkan perayaan HUT kali ini dengan menetapkan tujuh kain tradisional (wastra) sah Nusantara. Ketujuh kain yang mampu nilai budaya tersebut adalah tenun Tidore, yang kini dikembangkan serta dicoba diselamatkan Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI di Ternate; tenun Pontianak (RKB Pontianak); tenun Manggarai (RKB Manggarai); tenun Sengkang dari Sulawesi Selatan (Kampung BNI); tenun Lombok, yang dikembangkan debitur KUR BNI di Mataram; batik Negeri Liek (RKB Padang); dan membatik Wonogiren (RKB Wonogiri).

BNI juga mengajak empat perancang ternama Indonesia mendesain karya-karya busana bernilai tinggi dengan bahan dasar kain-kain langka tersebut. Keempat desainer tersebut adalah Didi Budihardjo, Denny Wirawan, Jenahara Nasution, dan Oscar Lawalata.

Didi Budihardjo adalah salah satu desainer Nusantara yang memiliki pengalaman dalam memproduksi kain tradisional menjadi karya busana dengan model yang punya aksara tersendiri. Didi menjadi desainer dengan mengawali fashion show live streaming pada 2012. Denny Wirawan, dengan memiliki misi batik to the world, mengeksplorasi motif-motif batik antik asal Kudus menjadi batik ready to wear yang kekinian.

Jenahara Nasution, desainer indah asal Indonesia, membuat tren fashion hijab di Indonesia. Karyanya mencuaikan brand Jenahara banyak digunakan perempuan milenial. Adapun Oscar Lawalata menetes hati pada kain Nusantara sebab setiap kain memiliki beragam cerita dan perjuangan penenun di baliknya.

Pandemi tidak menyekat BNI untuk meningkatkan kapabilitas secara berbagi pengetahuan dan pengalaman. Di perayaan HUT ke-74, BNI menunaikan program Special Stream bertajuk ‘Share the Energy to Unite in Welcoming New Normal’. Acara tersebut memiliki lima segmen, yaitu Energy for Indonesian Economy Creative, Energy for Womenpreneur, Energy for Success, Energy for Staying Creative, dan Energy for Rising Up, yang disiarkan YouTube BNI Corporate University.

Dalam sesi webinar Energy for Womenpreneur, hadir sebagai pembicara Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Direktur Bisnis UMKM BNI Tambok P. Setyawati, dan artis yang telah berevolusi menjelma entrepreneur, Maia Estianty. Berbagai keras dan pengalaman berharga terbagi dalam sesi ini, terutama bagi para perempuan istimewa di Indonesia, biar dapat bertahan pada era normal baru.

Dalam sesi Energy for Success, BNI mengundang pengacara Hotman Paris Hutapea, dengan merupakan nasabah BNI Emerald. Dipandu Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia Wahyu Daniel, Hotman Paris berbagi cerita suksesnya serta keuntungan menjadi nasabah BNI Emerald. Untuk memberikan warna yang lebih beragam, komposer Weird Genius, Eka Gustiwana, mengisi segmen Energy for Staying Creative. Eka Gustiwana berbagi tips dan cara untuk tetap kreatif dan produktif di era normal baru.

Publik juga mendapat penuh masukan dalam sesi Energy for Rising Up. Dalam sesi itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate serta Direktur Usaha Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies membahas kebijakan yang diambil negeri dalam membantu UMKM bangkit berbarengan dengan dimulainya era normal hangat, yang dilengkapi inovasi digital banking di BNI.

Di dalam segmen Energy for Indonesian Economy Creative, publik diajak santai bersama-sama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto. Update kondisi terbaru dari perindustrian Tanah Air & dukungan perbankan terhadap UMKM terelaborasi dalam seminar virtual ini. [cob]