RSMH Palembang Tambah ICU Covid-19 Menjadi 26 Ruangan

Merdeka. com – Rumah Sakit Umum Was-was Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang menambah ruangan intensive care unit (ICU) Covid-19 menjadi 26 unit. Sementara total pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut saat ini sebanyak 66 orang.

Direktur Utama RSMH Palembang Bambang Eko Sunaryanto mengungkapkan, sebelumnya pihaknya memiliki 10 kawasan ICU atau ruangan bertekanan udara negatif. Dan keadaan ini diresmikan 9 kawasan ICU baru, sementara tujuh ruang ICU lainnya sedang dalam proses pembangunan.

“Hari ini kami resmikan ruang ICU Covid-19 sebanyak 9 unit serta masih menunggu 7 bagian lagi. Jika semuanya telah rampung, nantinya total tersedia 26 ICU Covid-19, ” ungkap Bambang, Rabu (19/5).

Dia menjelaskan, ICU Covid-19 adalah ruangan isolasi yang dilengkapi juru bicara khusus untuk mengisap aerosol sehingga jika ada aerosol di dalam ruangan, tak akan sampai keluar. Ruang ini didesain dengan sedemikian rupa agar tekanan pada ruangan tersebut lebih nista dibandingkan tekanan udara di luar ruangan.

Untuk menghasilkan sebuah ruangan yang bertekanan negatif, oleh karena itu udara yang keluar daripada ruangan tersebut haruslah bertambah besar dibandingkan kapasitas hawa yang masuk ke di ruangan.

“Dengan kondisi itu, udara yang berada dalam ruangan bertekanan negatif tidak akan bisa keluar melalui bukaan sela atau pintu, ” ujarnya.

Menurut tempat, ruangan ICU Covid-19 tersebut akan mengurangi kontak gaya medis secara efektif sehingga menurunkan kemungkinan penularan. Pihaknya terus melakukan peningkatan penyajian bagi masyarakat, terlebih anak obat Covid-19.

“Risiko penularan kepada tenaga medis bisa ditekan jika kontak berkurang, ” kata tempat.

Sementara tersebut, RSMH Palembang Akhmad Suhaimi mengungkapkan, selain ruang ICU, pihaknya menyediakan 158 ruangan bagi pasien Covid-19 dengan opname atau isolasi. Kepala ruangan hanya terdapat satu tempat tidur.

“Jumlah pasien yang dirawat sampai sore ini 19 Mei 2021 lukul 18. 00 WIB sebanyak 68 pasien, ” pungkasnya. [ded]