Sepak Bola Nasional Resmi Dimulai, Dirut Bank BRI Ungkap Alasannya Mensponsori LIGA 1

Merdeka.com – Pandemi yang melanda dalam kurun waktu satu tahun terakhir sukses melumpuhkan segala macam sektor di seluruh dunia. Dampak pandemi ini pun juga membuat kompetisi sepak bola Indonesia terhenti.

Setelah lebih dari satu tahun vakum, angin segar kembali muncul setelah kompetisi sepak bola secara resmi telah mendapatkan izin untuk bergulir. Satgas Covid-19 dan Polri sudah memberikan rekomendasi, yang kemudian kompetisi BRI LIGA 1 ditetapkan oleh PSSI dan PT LIB selaku operator.

Segera bergulir mulai 27 Agustus, Bank BRI secara resmi menjadi title sponsor untuk BRI LIGA 1. Dalam sebuah kesempatan, Direktur Utama Bank BRI pun mengungkapkan alasan dibalik terpilihnya Bank BRI sebagai sponsor utama BRI LIGA 1.

LIGA 1 Memiliki Visi yang Sama dengan Bank BRI

©2021 BRI

Kompetisi yang terhenti lebih dari satu tahun tak hanya melumpuhkan operasional klub sepak bola dan para atlet, namun mayoritas masyarakat yang hidup melalui UMKM di sekitar kompetisi sepak bola pun juga terdampak parah. Dengan menjadi bagian dari BRI LIGA 1, Bank BRI pun saling bahu membahu bersama PSSI tak hanya untuk kompetisi sepak bola, namun juga untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

“Sepak bola ini memenuhi aspirasi sebagian masyarakat, terbukti dari banyaknya penggemar. Seluruh lapisan masyarakat di manapun, lintas usia dan jenis kelamin banyak yang menyukai sepak bola. Maka tak heran jika olahraga ini menjadi salah satu daya tarik tak hanya dari segi hiburan, namun juga perekonomian. Serupa dengan BRI yang sejak tahun 2016 melakukan transformasi ke arah digital dan model bisnis terdigitalisasi. Tujuannya adalah agar BRi makin fokus pada pelayanan UMKM sebagai grass root perekonomian Nasiona,” jelas Sunarso.

Sudah Terjalin Pembicaraan Sejak Tahun Lalu

Kompetisi sepak bola nasional yang mengalami perubahan format menjadi BRI LIGA 1 beberapa waktu yang lalu, sudah mengalami tiga kali perubahan title sponsor. Pembicaraan PT LIB dengan Bank BRI terkait sponsor pun sudah pernah terjalin beberapa waktu sebelumnya.

©2021 BRI

“Sebenarnya kami sudah beberapa tahun lalu ditawari untuk menjadi title sponsor, namun pada tahun ini kami menemukan kata sepakat untuk merealisasikannya. Setelah berkonsultasi dengan Kementerian BUMN, kami akhirnya secara resmi menjadi sponsor utama dari BRI LIGA 1 tahun ini,” ungkap Sunarso.

Optimis BRI Liga 1 Berjalan Lancar di Tengah Pandemi

Banyak pro kontra bermunculan ketika BRI LIGA 1 mendapatkan izin bergulir. Terlebih ketika kasus penularan virus Corona masih tinggi dan vaksinasi belum optimal. Meski begitu, Sunarso tetap optimis menyongsong kompetisi karena semua persiapan sudah dilakukan secara optimal.

©2021 BRI

“Kita semua harus punya optimisme yang tinggi dalam menyambut BRI LIGA 1. Saat ini dunia sedang mencari cara untuk bisa keluar dari tekanan akibat pandemi. Ada dua hal yang bisa dilakukan, yaitu penguatan ketahanan kesehatan melalui vaksinasi dan penerapan kesehatan, kemudian pemulihan ekonomi yang terpuruk. Nah kompetisi yang berjalan ini tentunya sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk meningkatkan ketahanan kesehatan, sehingga mampu bergulir untuk memulihkan perekonomian,” tambah fans berat Barcelona ini.

Dibutuhkan Visi Jangka Panjang untuk Mengembangkan Sepak Bola Indonesia

Direktur Utama Bank BRI yaitu Sunarso ternyata juga seorang fans bola sejati. Selain mengidolakan tim sepak bola Spanyol yaitu Barcelona, Sunarso juga sangat memperhatikan perkembangan sepak bola Tanah Air.

©2021 BRI

“Saya menyukai sepak bola karena permainan ini adalah miniatur dari sesuatu yang besar, kemudian simplifikasi dari sesuatu yang kompleks. 11 pemain yang berada di dalam lapangan ini tentunya harus memiliki organisasi, kerjasama, dan mekanisme pengambilan keputusan yang baik,” jelas Sunarso.

Meski kompetisi sudah bergulir melalui BRI LIGA 1 pada akhir bulan ini, Sunarso mengungkapkan jika butuh visi jangka panjang untuk bisa membuat sepak bola Tanah Air merajai internasional.

“Saya menyukai salah satu di negara Asia yang mana mereka berkomitmen untuk menjadi juara sepak bola dunia tahun 2050. Tapi dengan target seperti itu, mereka sudah menyiapkannya dari sekarang. Jadi semua hal ini butuh proses dan visi. Jika Indonesia menginginkan prestasi di sepak bola, maka visi ke depan ini yang harus dipupuk mulai dari sekarang,” tambah Sunarsno.

BRI LIGA 1 akan segera bergulir mulai tanggal 27 Agustus 2021. Jangan sampai terlewatkan setiap pertandingannya dari rumah masing-masing. Kamu juga bisa menyaksikan secara streaming di Vidio.com. [jfw]