Stasiun Garut Siap Dioperasikan, PT KAI Upayakan Jalur ke Cibatu Segera Aktif Kembali

Merdeka.com – Sejumlah pejabat PT KAI, Sabtu (15/5), mengecek kondisi stasiun di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Mereka menyatakan stasiun itu siap dioperasikan kembali untuk reaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut.

“Saya lihat tadi Alhamdulillah kalau di sisi prasarana, meskipun harus ada sedikit yang perlu ada polesan-polesan, sedikit ya, untuk memastikan semua prasarana sudah jalan, dan saya lihat untuk stasiun sendiri gedungnya sudah siap 100 persen untuk dioperasikan dan melayani penumpang,” sebut Direktur Niaga PT KAI Dadan Rudiansyah setelah mengecek kesiapan Stasiun Garut bersama bersama Direktur Prasarana dan Kepala Daop 2 Bandung.

Pengecekan stasiun itu juga dihadiri Bupati Garut Rudy Gunawan bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah. Menurut Dadan, pihaknya dan Pemkab Garut berupaya agar Stasiun Garut bisa beroperasi secepatnya. Bahkan, kata dia, Bupati Garut sudah berkoordinasi dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

“InsyaAllah kami upayakan secepatnya. Kami juga sebetulnya ingin segera (jalur) dioperasikan,” katanya.

Reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut diharapkan bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Garut. “Mungkin nanti di stasiun-stasiun kami juga bisa menampung beberapa UKM-UKM yang tentunya diharapkan bisa andil juga bisa melayani masyarakat di stasiun-stasiun,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan menjelaskan, kedatangan para direktur PT KAI ke Garut menunjukkan komitmen mereka untuk mereaktivasi jalur Cibatu-Garut. Jalur itu diharapkan dapat memperlancar arus barang, orang, sehingga meningkatkan perekonomian.

“Saya berharap ini (mulai beroperasi) tidak terlalu lama. (Targetnya) sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus ini sudah bisa dilaksanakan,” ucapnya.

Rudy juga meminta agar masyarakat Garut bisa ikut menjaga jalur kereta api yang akan kembali beroperasi itu. “Untuk warga Garut kami minta kembali untuk menjaga, menjaga, sekali lagi menjaga, sepanjang jalur ini untuk bisa suksesnya kereta api Garut ke Bandung, Jakarta, ke Yogya dengan konektivitas dan sebagainya,” tutup Rudy. [yan]