Usai Libur Lebaran, Sejumlah ASN Pemkot Palembang Bolos Kerja

Merdeka. com – Hari pertama usai libur Idul Fitri 1442 Hijriah, sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dan honorer di lingkungan Pemerintah Kota Palembang bolos kerja. Sanksi segera diberikan jika tidak memiliki alasan jelas.

Hal itu terungkap dari hasil inspeksi mendadak Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda di beberapa kantor pemerintahan salah satunya di Setda Palembang, Senin (17/5). Fitrianti mengecek satu per satu ruangan dan mendapati ASN dan honorer tak masuk kerja.

“Memang kita dapatkan ada beberapa catatan, di sektetariat ini saja ada PNS dan honor yang tidak masuk kerja, ” ungkap Fitrianti.

Dari laporan yang diterimanya, ada sejumlah pegawai tak masuk kerja tanpa disertai surat izin. Ada juga pegawai yang lain sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19 dengan menunjukkan surat keterangan resmi dari dokter.

“Tetapi ini semua akan kita kontrol dan akan kita kroscek lagi, ” kata dia.

Menurut sidak dilakukan dalam rangka penegakan kedisiplinan pegawai. Dirinya akan meminta laporan berapa banyak yang bolos dengan melihat dari absensi manual dan finger print.

“Pegawai yang tidak disiplin untuk ditindaklanjuti, mungkin melalui surat peringatan atau sebagainya. Sanksinya akan kita evaluasi dahulu sampai di mana kesalahan mereka, ” tegasnya.

“Bisa juga diturunkan jabatannya atau pemberhentian tidak hormat. Nanti kita lihat lagi, ” sambungnya. [lia]