Wakapolda Metro Minta Petugas Tetap Awasi Kendaraan Bawa Pengikut dari Luar Daerah

Merdeka. com – Wakil Kepala Polda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo, memantau pelaksanaan ulangan antigen terhadap puluhan pilot yang masuk ke daerah Kota Tangerang, Banten, usai liburan lebaran. Tes dikerjakan untuk memutus rantai penyebaran covid.

Hendro juga mengawasi pos penyekatan di Jalan Gatot Subroto Jatiuwung yang berbatasan dengan Bitung, Kabupaten Tangerang. Dia meminta kepada petugas gabungan terus melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kendaraan dengan membawa penumpang dari sungguh daerah. Demikian dikutip lantaran Antara, Minggu (16/5).

Terpisah, Kepala Satpol PP Kota Tangerang, Agus Henra, mengatakan ada puluhan pengendara roda dua maupun roda empat yang melaksanakan tes cepat antigen.

Hasilnya, tak tersedia pengemudi yang reaktif dibanding hasil tes tersebut & diizinkan melanjutkan perjalanan kembali.

“Hasilnya negatif semua, ” kata Agus.

Agus menambahkan, pemeriksaan tes antigen terhadap warga pendatang usai mudik itu akan terus dilakukan dalam jangka waktu ke depan sebagai deteksi pra mencegah penularan COVID-19.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, sudah menginstruksikan kepada seluruh Kaki gunung dan Camat untuk dapat mendata warga yang kembali dari luar Kota Tangerang agar membawa surat lepas COVID-19 atau hasil penyeliaan antigen 1×24 jam.

“Lurah dan Camat agar berkoordinasi dengan RT/RW mendata warga yang balik dari luar kota agar membawa surat keterangan manasuka COVID-19. Ini untuk pendataan dan tracing, ” kata pendahuluan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam keterangannya Minggu.

Perlu diketahui pada hari tersebut diperkirakan merupakan puncak aliran balik mudik lebaran pokok masyarakat kembali beraktivitas lazim pada Senin (17/5) kelak.

Perlu diketahui Pemkot Tangerang telah menyingkirkan sejumlah kebijakan dalam menekan penyebaran COVID-19 saat libur lebaran dengan larangan mudik bagi pegawai dan klub.

Kemudian mengatup tempat wisata seperti rajin tematik, menutup Tempat Pemakaman Umum (TPU) agar tidak ada kerumunan saat kegiatan ziarah kubur. Lalu menetapkan jumlah pengunjung di tengah belanja dan tempat santap.

Pemkot Tangerang bersama Kepolisian dan TNI juga membuat posko penyekatan untuk mengantisipasi warga yang melakukan mudik lebaran. Hasilnya ratusan kendaraan di putar balik karena ketahuan akan melaksanakn perjalanan mudik. [lia]