Warga Lapas Kerobokan 500 Tip dari Kapasitas, Napi Disebar ke Penjara Lain

Merdeka. com – Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan, penghuni Lapas Kerobokan, Bali, sudah mencapai 500 persen dari kapasitas. Kira-kira 200 persen di antaranya akan dipindahkan ke lapas dan rutan lain yang masih mampu menampungnya.

“Apabila ada pada atas 300 persen (jumlah napi di lapas) itu kami pindahkan ke tempat lain… Kalau di sini (Lapas Kerobokan) 500 upah sehingga yang 200 komisi kita geser ke wadah lain, sesegera mungkin pada seluruh Bali, ” introduksi Kakanwil Bali Jamaruli Manihuruk, saat ditemui di Lapas Kerobokan, Badung, Bali, Kamis (13/5),

Pada penanganan kelebihan penghuni itu, kata Jamaruli, belum tersedia rencana untuk membuka lapas baru. Alasannya, kondisi tersebut masih bisa dikendalikan. “Karena kalau yang overkapasitas semacam di Lapas Kerobokan itu masih bisa kami sebar, jadi tidak mengadakan lapas baru, ” katanya.

Jamaruli mengatakan, ada lapas lain yang overkapasitas di Bali. Selain Lapas Kelas IIA Kerobokan, Badung, kelebihan penghuni juga berlaku di Lapas Narkotika Bagian IIA Bangli, Lapas Bagian IIB Tabanan, dan LP Kelas IIB Singaraja.

“Yang sedikit itu Lapas Khusus Anak dalam Kabupaten Karangasem, tapi sebab khusus anak nanti kami susun dan petakan lebih lanjut, memungkinkan atau tidak buka blok di sana, ” katanya seperti dilansir Antara.

Kapasitas Lapas Kerobokan hanya sekitar 300-an orang. Sementara bersandarkan data yang dilansir http://smslap.ditjenpas.go.id/, jumlah penghuninya berdasarkan SMS pada 13 Mei 2021 berjumlah 1. 647 karakter.

Kepala Lapas Kelas IIA Kerobokan dengan baru Fikri Jaya Soebing juga mengatakan, Lapas Bagian IIA Kerobokan sudah keunggulan kapasitas hampir 500 komisi. Rata-rata kapasitas wisma di Lapas itu hanya kira-kira 40-50 orang. Namun, penghuninya mencapai 150 sampai 200 orang.

Kurang langkah diambil untuk pasti menjaga keamanan dan kondusivitas. “Selama ini tidak ada gesekan, untuk itu saya selalu melakukan pendekatan & pendampingan. Jadi setiap ada permasalahan dengan cepat awak bisa diantisipasi dan diselesaikan dengan baik, ” katanya. [yan]